Tutorial Lengkap Cara Desain Website Menggunakan Figma!

cara desain website menggunakan figma

Cara Desain Website Menggunakan Figma – Jika Anda berkecimpung di dunia desain, khususnya Desain UI/UX, tentunya Anda perlu memilih tools yang tepat agar pekerjaan desain kita menjadi lebih mudah dan terstruktur. Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali aplikasi dan tools yang bisa kami pilih untuk membantu menyelesaikan masalah, mulai dari design dan prototyping.

Salah satu tool atau aplikasi populer yang patut dipertimbangkan adalah Figma. Figma ini hadir dengan beberapa kelebihan yang membedakannya dengan jenis aplikasi desain lainnya, seperti Sketch App atau Adobe XD.

Banyak fitur dan fungsionalitas yang coba dihadirkan untuk membantu seorang desainer UI/UX dalam menyelesaikan sebuah desain dengan mudah. Penasaran apa saja kelebihan dan kelebihan Figma dibandingkan yang lain.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Apa Itu Figma

Seperti yang dinyatakan di situs resminya, Figma adalah alat desain berbasis cloud yang memungkinkan kita untuk bekerja dan berkolaborasi dengan tim pada file desain yang sama secara real-time. Figma memiliki fungsi sebagai alat prototyping, membuat grafik vektor, dan aplikasi desain UI/UX.

Sederhananya, Figma adalah aplikasi yang cocok digunakan jika Anda berada di dunia desain, khususnya desain UI/UX. Alasannya karena figma menghadirkan fitur-fitur khusus yang dapat memudahkan kita dalam mendesain desain aplikasi, baik aplikasi web maupun mobile.

Figma sendiri merupakan software berbasis web, sehingga tidak perlu diinstall di komputer dan cukup dijalankan melalui browser. Namun, baru-baru ini para pengembang Figma telah membuat aplikasi versi desktop untuk Windows dan macOS serta telah menghadirkan beberapa fitur tambahan yang dapat dijalankan secara offline.

Cara Desain Website Menggunakan Figma

Cara Desain Website Menggunakan Figma

Sekarang mari lanjutkan ke langkah-langkah membuat desain website menggunakan Figma. ikuti saja langkah-langkahnya:

Buka Aplikasi Figma

Saya asumsikan Anda sudah memiliki akun dan aplikasi Figma. Jika Anda tidak memiliki aplikasi figma, Anda dapat masuk ke Figma atau mengunduh aplikasi Figma versi desktop. Dan daftar untuk dapat menggunakannya.

Buat File Baru

Jika sudah masuk ke aplikasi Figma. Silakan buat file baru dengan mengklik tombol + di kanan atas

Buat Bingkai Situs Web

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat bingkai terlebih dahulu. Karena pada kesempatan kali ini kita sedang membuat desain website, maka anda bisa menekan tombol frame yang saya tandai dengan warna merah di pojok kiri atas. Selanjutnya di sebelah kanan Anda memilih ukuran desktop.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Di Hack Orang Tak Dikenal

Ganti Nama File

Nanti akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Anda terlebih dahulu mengubah nama file sesuai dengan desain yang ingin Anda buat.

Tambahkan Gambar

Sekarang Anda bisa mulai mendesain website menggunakan Figma. Anda dapat menambahkan gambar dan meletakkannya di atas dan pastikan itu menutupi kiri dan kanan atas seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Anda dapat mengambil gambar secara gratis di situs pexels atau unsplash.

Buat Header

Jika Anda telah menambahkan gambar, saatnya membuat header atau menu bar. Anda klik tombol untuk membuat kata diatas dan tuliskan nama website dan menu sesuai keinginan anda. Selanjutnya Anda memasukkan teks di tengah untuk slider. Anda dapat mengubah nama situs web dan judul penggeser menjadi tebal.

Buat Konten

Terakhir, membuat konten, Anda dapat menambahkan gambar di sebelah kiri dan memasukkan teks di sebelah kanan. Anda dapat mengatur ketebalan teks, warna font dan ukuran font sesuai keinginan. Demikian artikel tentang panduan figma desain website sederhana.

Pelajari setiap fitur yang disediakan figma dengan baik dan cobalah belajar membuat desain sendiri sesuai keinginan dan kreativitas anda agar lebih mahir tentunya. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat untuk semua.

Demikian penjelasan dari saya tentang Beginilah Cara Desain Website Menggunakan Figma Yang Tepat semoga bermanfaat, terimakasih

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *